MEMBUAT TRANSLASI,ROTASI DAN SKALA MENGUNAKAN PROCESSING
Translasi
Membuat translasi persegi panjang dengan
Panjang : 150
Lebar : 100
Nilai Translasi Vektor (200,50)
tx : 200
ty: 50
Dalam processing ditulis dengan perintah translate (200,50)
Membuat translasi persegi panjang dengan
Panjang : 150
Lebar : 100
Nilai Translasi Vektor (200,50)
tx : 200
ty: 50
Dalam processing ditulis dengan perintah translate (200,50)
Gambar Listing Translasi :
void setup()
{
size(600,400);
background (17);
noStroke();
fill(220);
rect(100,100,150,100);
fill(255,0,0,128);
rect(100+200, 100+50,q150,100);
fill(0,0,128,225);
pushMatrix();
translate(200,50);
rect(100,100,150,100);
popMatrix();
}
Hasil tampilan listing diatas :
{
size(600,400);
background (17);
noStroke();
fill(220);
rect(100,100,150,100);
fill(255,0,0,128);
rect(100+200, 100+50,q150,100);
fill(0,0,128,225);
pushMatrix();
translate(200,50);
rect(100,100,150,100);
popMatrix();
}
Hasil tampilan listing diatas :
Skala
Membuat skala persegi panjang
dengan
panjang : 150
lebar : 100
nilai skala faktor (2.5) dengan
menggunakan perintah scale (2.5)
Listing Skala :
void setup()
{
size (700,800);
background (17);
( Membuat persegi warna abu-abu dengan posisi )
stroke(128);
fill(220);
rect(40, 40, 150, 100);
( Membuat persegi warna abu-abu dengan skala vector (2.5) )
stroke(1);
pushMatrix();
scale(2.5);
fill(220);
rect(50, 50, 150, 100);
popMatrix();
}
Hasil tampilan listing :
Rotasi
Membuat rotasi persegi panjang
dengan
panjang : 150
lebar : 100
nilai sudut rotasi 65 derajat dengan menggunakan perintah rotate(radians(65)
listing program :
void setup()
{
size (700,600);
background(17);
smooth();
fill(192);
noStroke();
rect(200, 100, 200, 100);
pushMatrix();
( Memindahkan
titik asal ketitik poros )
translate(200, 100);
( Rotasi
pada poros 65 derajat )
rotate(radians(65));
( Menggambar persegi dititik asal dengan perputara 65 derajat )
fill(0);
rect(0, 0, 200, 100);
popMatrix();
}
Hasil tampilan listingnya :
===> Cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan.terima kasih